Rangkuman_IMK_Pertemuan 11

Pertemuan 11
PERANCANGAN TAMPILAN
Salah satu kriteria penting dari sebuah antar muka (interface)
Adalah :
1).Tampilan yang menarik
Seorang perancang tampilan harus mendokumentasikan semua pekerjaan yang ia lakukan.
Dokumentasi rancangan dapat dilakukan dalam beberapa cara yaitu:
a.Membuat sketsa pada kertas
b.Menggunakan peranti prototype GUI
c.Menuliskan keterangan yang menjelaskan tentang kaitan antara satu jendela dengan jendela yang lain.
d.Menggunakan peranti bantu yang disebut CASE (Computer-Aided Software Engineering)

GUI (Graphical User Interface)
Diciptakan untuk mempermudah user berkomunikasi dan menggunakan computer dan hardwarenya.

CASE (Computer-aided software engineering)
adalah Aplikasi ilmiah seperangkat alat dan metode untuk sebuah sistem perangkat lunak yang dimaksudkan untuk menghasilkan produk software yang berkualitas tinggi, bebas cacat, dan terpelihara.

CARA PENDEKATAN
Program aplikasi pada dasarnya dapat dikelompokkan kedalam 2 (dua) kategori besar
Yaitu :
1.SPECIAL PURPOSE SOFTWARE
Merupakan Program aplikasi untuk keperluan khusus, misalnya program aplikasi untuk inventori gudang, pengelolaan data akademis mahasiswa, pelayanan reservasi hotel, dll.
Untuk kelompok ini ada satu pendekatan yang dapat dilakukan yaitu User-Centered Design Approach (UCDA).
UCDA adalah perancangan antar muka yang melibatkan pengguna, artinya pengguna diajak untuk aktif berpendapat ketika perancang antarmuka sedang menggambar ‘wajah’ antarmuka yang mereka inginkan.

2. GENERAL PURPOSE SOFTWARE
Adalah program aplikasi yang digunakan oleh berbagai pengguna dengan berbagai tingkat kepandaian dan karakteristik yang sangat beragam.
2).PRINSIP DAN PETUNJUK PERANCANGAN
Antarmuka pengguna secara alamiah terbagi menjadi 4 (empat) komponen :
1.Model pengguna
2.Bahasa perintah (command language)
3.Umpan balik (feedback)
4.Tampilan informasi

3).URUTAN PERANCANGAN
1.Pemilihan ragam dialog
2.Perancangan struktur dialog
3.Perancangan format pesan
4.Perancangan penanganan kesalahan
5.Perancangan struktur data

Perancangan Penanganan Kesalahan :
1.Validasi pemasukan data
2.Proteksi pengguna
3.Pemulihan dari kesalahan
4.Penampilan pesan salah yang tepat dan sesuai.

4).PERANCANGAN TAMPILAN BERBASIS TEKS
Pada perancangan tampilan untuk antarmuka berbasis teks, ada 6 (enam) faktor yang harus dipertimbangkan agar diperoleh tata letak tampilan yang berkualitas tinggi yakni sebagai berikut :
1.Urutan penyajian
2.Kelonggaran (Spaciousness)
3.Pengelompokkan
4.Relevansi
5.Konsistensi
6.Kesederhanaan

Leave a Reply